Jakarta - Mengikuti suksesnya
di pasaran global, rasanya dua MPV andalan Toyota, yakni Avanza dan
Kijang Innova mulai layak untuk disebut-sebut sebagai ikon ekspor
otomotif nasional.
Karena, tak hanya diminati di dalam
negeri, kedua mobil ini juga dipasarkan ke berbagai negara di Asia dan
kawasan Timur Tengah. Secara keseluruhan, dalam 10 bulan pertama tahun
2013 ini, total ekspor mobil Toyota (Innova, Avanza, Rush, dan Fortuner)
mencapai 91.152 unit atau sekitar 63,91% total ekspor 142.617 unit.
Di Malaysia misalnya, berdasarkan
survei terbaru Initial Quality Study yang dilakukan oleh JD Power,
Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova berhasil meraih angka tertinggi
sebagai kendaraan MPV yang memuaskan konsumen.
Di Malaysia juga, Toyota Kijang Innova
menjadi salah satu armada taksi premium, sehingga turut mengangkat
kelasnya disegmen mobil keluarga yang nyaman.
Daya saing utama Avanza dan Kijang
Innova selain harga jual kembalinya yang tinggi, adalah brand Toyota
yang kuat, keunggulan lainnya yaitu lahir dari spesifikasi kendaraan
yang memang sesuai dengan karakteristik sosial masyarakat dan
infrastruktur setempat, tak hanya di Indonesia.
Dengan berbagai keunggulan itu, baik
Toyota Kijang Innova maupun Toyota Avanza juga semakin diterima oleh
pasar global. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat, kedua mobil ini
tidak hanya berhasil menjadi ikon kendaraan keluarga di dalam negeri,
tapi juga akan menjadi salah satu ikon ekspor otomotif nasional. (mobil.otomotifnet.com)
0 komentar:
Posting Komentar